(0362) 21648
ka.kbppbll@gmail.com
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

MIMBAR ANAK BALI XIII DI JEMBRANA

Admin daldukkbpppa | 20 Juni 2019 | 885 kali

Ketua Panitia Mimbar Anak Bali XIII/2019, I Komang Edwin, menjelaskan Mimbar Anak Bali adalah kegiatan tahunan Forum Anak Daerah Provinsi Bali yang dilaksanakan sebagai salah satu wujud perealisasian pemenuhan hak anak dalam bidang partisipasi, maka selaku panitia pelaksanaan mengadakan kegiatan “Mimbar Anak Bali XIII/2019” dengan tema “Melangkah Dalam Harmoni”. Anak adalah anugrah dari tuhan yang harus dilindungi. Belakangan, aksi berbagai kalangan masyarakat serta pemerintah mengenai perlindungan anak mulai semakin gencar dilakukan. Ada banyak hal yang dibuat pemerintah untuk melindungi kita, mulai dari pembuatan undang-undang, pembentukan forum-forum peduli anak, serta yang saat ini sedang banyak disorot adalah program 2P (pelopor dan pelapor). Forum-forum anakpun kini sangat gencar untuk mengedukasikan tentang kegiatan 2P ini. 

Sejak tahun 2006, Forum Anak Daerah Bali mengadakan suatu kegiatan mengenai pelopor dan pelapor yang diberi nama MIMBAR ANAK BALI. kegiatan yang diadakan rutin setiap tahun di Bali ini diprakarsai oleh kak Wahyu Adi Raditya. Hingga tahun 2019 , Mimbar Anak Bali telah diadakan sebanyak 15 kali.
 
Mimbar Anak Bali atau sering disebut MAB dilakukan selama 3 hari penuh dan bekerjasama dengan DP3A Provinsi Bali, LPA Provinsi Bali, dan DP3A Kabupaten/Kota serta tetap difasilitasi oleh fasilitator FAD Bali selama kegiatan. MAB ini berisikan sosialisasi KHA, diskusi permasalahan anak sesuai 5 klaster KHA, character building, outbond, olahraga, pelaporan kegiatan pengurus FAD Provinsi Bali selama setahun, laporan pertanggung jawaban Duta Anak Bali, Penyusunan Suara Anak Bali dan Pemilihan Duta Anak Bali selanjutnya.