(0362) 21648
ka.kbppbll@gmail.com
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Kecamatan Gerogkak Dijadikan Lokasi Kampung KB

Admin daldukkbpppa | 16 Mei 2016 | 955 kali

 

 

Singaraja : Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng tengah disiapkan sebagai lokasi kegiatan program Kampung KB yang akan dilaunching serentak di seluruh tanah air oleh Presiden Joko Widodo akhir Januari 2016.

“Digencarkannya program Kampung KB sebagai tindak lanjut dari menurunnya capaian program KB di Indonesia, bahkan gaungnya pun terkesan tenggelam, beda jauh dengan masa-masa sebelumnya”, ungkap Kepala BKKBN Propinsi Bali Ida Bagus Wirama, Kamis (7/1/2016).

Dari hasil survey demografi kesehatan, secara nasional rata-rata angka kelahiran dinilai stagnan dalam kurun waktu 10 tahun, sehingga targetnya jauh dari yang diharapkan. 

Salah satu pertimbangan dipilihnya Kecamatan Gerokgak sebagai tempat pelaksanaan program ini karena sebagian besar masyarakatnya masih tergolong miskin. Sedangkan untuk nama istilah Kampung KB disesuaikan dengan istilah setempat menjadi Banjar atau Dusun KB. 

Hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi BKKBN Propinsi Bali dan Badan KB PP Kabupaten Buleleng dalam rangka mewujudkan program BKKBN, yakni kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Guna mewujudkan hal tersebut, Ida Bagus Wirama menyatakan pihaknya akan mengarahkan pasangan usia subur untuk mengatur kelahiran dan jarak melahirkan.

Kepala Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Buleleng dr. Made Sukarmini menyambut antusias ditunjuknya Gerokgak sebagai pusat pelaksanaan program Kampung KB. Bahkan jajarannya dibantu petugas PLKB setempat telah menjajagi desa yang akan dijadikan lokasi launching Kampung/Banjar KB akhir Januari nanti. (Siti)

Download disini