(0362) 21648
ka.kbppbll@gmail.com
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pengelolaan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI)

Admin daldukkbpppa | 04 September 2025 | 48 kali

Kamis, 4 September 2025 – Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng, Putu Agustini, SST.Keb., MAP, menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pengelolaan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) bagi Satuan Pendidikan Tahun 2025.


Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng bertempat di Ruang Kabid Pembinaan PAUD-PNF. Peserta yang hadir terdiri dari perwakilan satuan pendidikan PAUD di Kabupaten Buleleng serta instansi terkait yang memiliki keterkaitan dalam pengelolaan layanan pendidikan anak usia dini.


Dalam kesempatan ini, Ibu Putu Agustini menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini tidak hanya berfokus pada aspek akademik semata, tetapi juga harus mengintegrasikan berbagai aspek penting lainnya seperti kesehatan, gizi, pengasuhan, perlindungan, serta kesejahteraan anak. Oleh karena itu, PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) menjadi sebuah pendekatan yang sangat relevan untuk memastikan anak-anak di Kabupaten Buleleng dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.


Lebih lanjut, beliau menegaskan bahwa Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng memiliki komitmen penuh untuk mendukung penyelenggaraan PAUD HI melalui berbagai program, khususnya dalam pemenuhan hak anak serta perlindungan anak dari segala bentuk kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya. Kolaborasi lintas sektor menjadi kunci dalam mewujudkan PAUD yang berkualitas, berkelanjutan, dan ramah anak.


Melalui kegiatan Bimtek ini, diharapkan para peserta memperoleh wawasan baru, pemahaman yang lebih komprehensif, serta kemampuan praktis dalam mengelola PAUD HI. Dengan demikian, implementasi PAUD HI di Kabupaten Buleleng dapat berjalan lebih efektif dan memberikan dampak nyata bagi peningkatan kualitas layanan pendidikan anak usia dini.