Senin, 12 September 2022 | Waktu 09.30-Selesai
Kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten Buleleng didampingi Substansi Perencanaan Dinas menghadiri pertemuan dalam agenda Evaluasi RB dan SAKIP Tahun 2022 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang dilakukan secara daring (Zoom Meeting).
Acara pembukaan Pelaksanaan Evaluasi SAKIP dibuka oleh Bapak Sekda Kabupaten Buleleng. Melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kita semua dipacu terus meningkatkan kualitas kinerja kita sejak mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporannya. Dalam pelaksanaan di lapangan, SAKIP juga menguji akuntabilitas seluruh proses yang berlangsung melalui kegiatan evaluasi atas implementasinya sehingga teruji kebenarannya. Pada tahun 2021 masih dalam masa pandemik Covid-19 dengan target kinerja yang mengacu pada RPJMD 2017-2022.
Auditor Kemenpan RB melakukan evaluasi mendalam dengan metode interaksi berupa pemaparan dan tanya jawab terkait indicator target, realisasi dan capaian kinerja serta mengkonfirmasi dengan aplikasi eSAKIP Kabupaten Buleleng serta mengkonfirmasi metode monev SAKIP di masing-masing OPD.
Dinas P2KBP3A Buleleng sebelumnya telah menyiapkan materi pemaparan berupa Powerpoint SAKIP dengan informasi yang ditampilkan sebagai berikut:
a. Tindak lanjut hasil rekomendasi tahun sebelumnya;
b.Progres peningkatan nilai hasil antara yang telah dilakukan (keadaan before-after);
c. Progres simpulan perkembangan pencapaian area perubahan (pemenuhan dan reform);
d. Progress pada penyederhanaan organisasi;
e. Progress implementasi SAKIP (perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi internal), Logical Framework (pohon kinerja), cascading, crosscutting; dan data efisiensi yang telah dilakukan;
f. Prestasi/Penghargaan terkait kesuksesan Instansi dalam mengimplementasikan SAKIP dan RB;
g.Isu strategis daerah (kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan daya saing SDM) dan progress capaian kinerja prioritas pemerintah daerah;
Rapat Dipimpin oleh Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan dihadiri oleh jajaran dari Inspektorat Daerah serta Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Buleleng. Untuk Inspektur Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Bagian Hukum, Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Setda Kabupaten Buleleng hadir langsung mendampingi Bapak Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Gede Suyasa dalam menyampaikan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) kepada Fernando Silalahi selaku Tim Evaluator Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI) di Lobby Atiti Wisma Kantor Bupati Buleleng.