(0362) 21648
ka.kbppbll@gmail.com
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Sosialisasi Cegah Stunting Melalui Kick Off Kolaborasi Mempercepat Penurunan Stunting Tahun Anggaran 2022

Admin daldukkbpppa | 08 Agustus 2022 | 251 kali

Senin, 8 Agustus 2022 | Waktu 11.00 WITA - Selesai

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Buleleng menghadiri/mengikuti zoom meeting yang di laksanakan oleh BKKBN dalam agenda Sosialisasi Cegah Stunting Melalui Kick Off Kolaborasi Mempercepat Penurunan Stunting Tahun Anggaran 2022 dengan tema ''Kolaborasi Demi Anak Negeri Untuk Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju".

Permasalahan Stunting yang merupakan salah satu bagian dari double burden malnutrition (DBM) mempunyai dampak yang sangat merugikan baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi produktivitas ekonomi dalam jangka pendek maupun jangka panjang, sebagai upaya meningkatkan awareness masyarakat, diperlukan satu bentuk kegiatan kolaborasi yang komprehensif dengan mengajak berbagai pihak dan mitra kerja seperti TNI, Polri, tokoh perempuan dan organisasi wanita, yang memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat, untuk melakukan sosialisasi, advokasi dan KIE cegah stunting.

Tujuan dari kegiatan ini yakni guna meningkatkan peran TNI dan Polri dalam Percepatan Penurunan Stunting, meningkatkan Cakupan Pendampingan Keluarga Berisiko Stunting, meningkatkan kualitas & kuntitas upaya Pemenuhan Kebutuhan Gizi Pada Balita Stunting, mengoptimalkan Posyandu (TNI & POLRI dan sekitarnya) dalam Intervensi Tumbuh Kembang Balita.

Adapun manfaat yang didapat bagi penerima manfaat yakni secara langsung bagi Keluarga, Keluarga beresiko stunting: Pasangan Usia Subur (PUS), Calon Pengantin, Ibu hamil, dan Ibu Pasca Persalinan, Balita, Baduta, Ibu menyusui, Remaja serta secara tidak langsung bagi TNI, POLRI, Dharma Pertiwi (Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini) , Bhayangkari, dan organisasi wanita lainnya.

Dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan peluncuran Buku “Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil untuk Generasi Emas Indonesia” oleh Ibu Prof. DR. (HC). HJ. Megawati Soekarnoputri dan pengukuhan Ketua Umum Dharma Pertiwi dan Ketua Umum Bhayangkari sebagai Bunda Asuh Anak Stunting.

Kegiatan ini dikoordinir/dibuka langsung melalui sambutan laporan Kepala BKKBN serta dihadiri oleh Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, Danrem 163/Wirasatya, Kapolres se-Bali, Ketua Dharma Pertiwi Daerah Bali, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Bali, Ketua Jalasenastri Daerah Bali, Ketua PIA Ardhya Garini Daerah Bali, Ketua Bhayangkari Daerah Bali, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang se-Bali, Ketua Bhayangkari Cabang se-Bali, Kepala OPD-KB Kabupaten/Kota se-Bali, Ketua IPeKB Daerah Bali dan Ketua IPeKB Cabang se-Bali.