(0362) 21648
ka.kbppbll@gmail.com
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) dalam Rangka Harganas ke-31 TA 2024 di TPMB Ni Gusti Ayu Ketut Swirathi, A.Md.Keb, Lingkungan Sangket Kec. Sukasada

Admin daldukkbpppa | 04 Juni 2024 | 733 kali

Selasa, 4 Juni 2024 | Waktu 09.00 Wita - Selesai

Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng melaksanakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) dalam Rangka Harganas ke-31 TA 2024 di TPMB Ni Gusti Ayu Ketut Swirathi, A.Md.Keb, Lingkungan Sangket Kec. Sukasada Kab. Buleleng dalam meningkatkan kepersertaan KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang).

Pengendalian jumlah penduduk sangat penting dilakukan sebagai upaya menjaga keselamatan ibu dan anak serta kesejahteraan keluarga. Dalam pelaksanaannya, petugas terjun langsung ke Desa/Kelurahan untuk memberikan pelayanan KB secara gratis dimana bagi calon peserta Akseptor KB MKJP semua akseptor membawa identitas diri berupa fotocopy KTP/KK dan KIS untuk dapat menerima Pelayanan KB MKJP. Akseptor yang melakukan pemasangan IUD dan Implant akan mendapatkan uang transport dan konsumsi yang bersumber dari anggaran DAK BOKB Tahun Anggaran 2024

Program layanan KB gratis itu menyasar 70 Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Buleleng. Tujuannya adalah untuk mengendalikan perkembangan jumlah penduduk, pencegahan usia dini dan kesejahteraan keluarga. Rata-rata setiap Daerah sasaran  yang dilayani 30 ibu untuk melakukan KB, tapi dengan tetap menyediakan lebih alat KB untuk berjaga jika banyak yang datang. Terdapat 2 (Dua) jenis pelayanan KB, pertama jenis metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) IUD dan kedua adalah implan. Mekanismenya, setiap ibu-ibu yang ingin memasang KB terlebih dahulu diberikan pemahaman agar ke depannya kondisi yang bersangkutan tetap sehat. Dimana pola konsultasi lebih diutamakan dalam program pelayanan KB gratis ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh setiap ibu-ibu masyarakat di TPMB Ni Gusti Ayu Ketut Swirathi, A.Md.Keb, Lingkungan Sangket Kec. Sukasada Kab. Buleleng dan sekitarnya serta Bidan juga turut hadir meninjau pelaksanaan pelayanan KB serta mengucapkan terima kasih atas layanan KB gratis yang diberikan kepada masyarakatnya, dimana masyarakat pun cukup antusias terhadap program ini.